topbella

Sunday, May 20, 2012

Indahnya Husnudzon


Hai orang-orang yang beriman jauhilah banyak prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain (QS. Al-Hujurat: 12).

Dalam ayat yang mulia ini terdapat perintah untuk menjauhi sikap suka mengumbar prasangka, karena sebagiannya adalah dosa, dan larangan mencari-cari kesalahan orang lain.
Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda:
Hindarilah sikap suka mengumbar prasangka, karena sesungguhnya prasangka adalah perkataan yang paling dusta. Dan janganlah kalian berusaha untuk mendapatkan informasi tentang kejelekan dan mencari-cari kesalahan orang lain, jangan pula saling dengki, saling benci, saling memusuhi, jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara (HR. Al-Bukhari no. 6064)

Saudaraku. . .
Sesungguhnya mencari-cari kejelekan orang lain adalah salah satu cabang dari sifat kemunafikan. Sebagaimana halnya berbaik sangka adalah salah satu dari cabang keimanan. Orang yang berakal sehat akan selalu berbaik sangka terhadap saudaranya, dan menyendiri dengan membawa kesusahan dan kesedihannya. Sedangkan orang jahil (bodoh) selalu berburuk sangka dengan saudaranya dan tidak mau berfikir tentang kesalahan dan penderitaannya.

Oleh karena itu duhai saudaraku. . .
Marilah kita menjauhi sikap suka mencari-cari tentang kejelekan (aib) orang lain. Karena orang yang sibuk dengan aib orang lain akan membutakan hatinya dan akan sulit baginya untuk meninggalkan kejelekan dirinya sendiri. Sebaliknya marilah kita sibuk untuk memperbaiki diri kita sendiri dan sibuk dengan aib kita sendiri. Karena hal ini dapat menentramkan jiwa dan membuka mata hati akan aib kita.

Wallahua’lam

#Edisi sedih setengah mati :(

No comments:

Post a Comment

Selamat datang

My photo
Sumatera Utara, Indonesia
Bismillah... Semoga bermanfaat...
 
Shalihah© 2012 Design by Rockville Iwamura