topbella

Friday, March 16, 2012

Sulitkah Membaca Al-Qur'an ???

Teringat sekitar 2 tahun yang lalu, saat dipercaya untuk mengisi pesantren kilat romadhon (bersama teman-teman lain) di sebuah sekolah menengah atas. Saat sesi baca Al-Qur’an, saya hampir tidak percaya ternyata masih ada adik-adik yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Zaman semakin maju seperti sekarang, dimana fasilitas untuk menuntut ilmu sudah tersebar dimana-mana. Madrasah sore, kaset, CD untuk belajar membaca Al-Qur’an mudah sekali didapatkan. Tetapi kenapa masih ada (banyak juga) umat Islam  yang tidak bisa membaca kitab sucinya, ada yang masih sangat terbata-bata, ada malah yang belum bisa membedakan huruf, konon lagi tajwidnya.
Mungkin karena kita masih menyepelekan urusan ini. Untuk les mata pelajaran sekolah, les musik, dan les keduniaan lainnya orang tua dengan mudah mengeluarkan biaya berapa pun yang diperlukan. Kenapa untuk urusan akhirat seperti belajar membaca al-qur’an sulit sekali. Padahal tidak sebanding dengan biaya les yang lain-lain itu. Karena kita yang mengaku umat Islam belum tahu (ada yang tidak mau tahu) masalah ini, masya Alloh. . . Andaikanlah kita tahu keutamaannya membaca Al-Qur’an. . .
Dari Abdullah bin Mas’ud radiallohu ‘anhu Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya kebaikan sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, Mim satu huruf.”
(Shahih HR.Tirmidzi)
Selain itu terdapat permisalan yang baik bagi yang membaca Al-Qur’an, karena Rasululloh pernah bersabda,“Permisalan seorang muslim yang membaca Al-Qur’an bagaikan buah jeruk, baunya wangi dan rasanya lezat, sedangkan orang mukmin yang tidak membaca al-Qur’an bagaikan buah kurma yang tidak ada baunya dan rasanya manis. Permisalan orang munafik yang membaca Al-Qur’an bagaikan kemangi yang baunya wangi rasanya pahit, sedangkan orang munafik yang tidak membaca al-Qur’an bagaikan labu yang tidak ad wanginya dan rasanya pahit.” (HR. Bukhari Muslim)

Nah , tidak semestinya kita meletakkan masalah penting ini di urutan belakang dari urusan kita lainnya. Karena membaca al-Qur’an adalah ibadah sehingga Alloh akan melimpahkan taufiqNYA kepada orang-orang yang membaca kitabNYA. Yuk belajar baca al-Qur’an. . .

No comments:

Post a Comment

Selamat datang

My photo
Sumatera Utara, Indonesia
Bismillah... Semoga bermanfaat...
 
Shalihah© 2012 Design by Rockville Iwamura