topbella

Saturday, March 17, 2012

Makanan Herbal Penunjang Kesuburan

Berikut ini akan disampaikan beberapa hal berkaitan tentang permasalahan kesuburan reproduksi, yakni catatan-catatan kecil mengenai tumbuhan herbal yang dikenal luas sebagai obat kesuburan reproduksi. Yuuk kita simak ulasan dibawh ini:
Taoge
Taoge dikenal masyarakat luas dan orang awam sebagai obat kesuburan, baik laki-laki ataupun perempuan. Jika kita telusuri, sifat taoge malah kebalikannya, cenderung melemahkan dan membuat sperma tidak normal. Taoge bisa diandalkan untuk menaikkan libido pria, namun tidak cocok untuk kasus ini, kecuali laki-laki yang baru menikah dengan usia pernikahannya kurang 1 tahun, insyaAllah sangat bermanfaat. Adapun untuk selainnya secara umum tidak cocok, meski konusmsi taoge 1 kg setiap hari. 

 Kencur
Baik kencur gajah atau kencur emprit, kedua-duanya dikenal masyarakat sebagai obat kesuburan, memang hal ini bernar. Akan tetapi ada satu yang perlu digarisbawahi, kencur tidak digunakan untuk semua kasus gangguan fertilitas wanita. Kencur cocok untuk pengobatan wanita yang memiliki keluhan haid bagian perut atas. Adapun untuk kasus selain ini, kencur cenderung bersifat kebalikannya. Lebih-lebih bagi wanita yang mengalami gangguan fertilitas dengan kasus keputihan, atau sama sekali tidak keputihan. Adapun kencur untuk laki-laki, insyaAllah tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Bisa digunakan meski bukan untuk penyubur sperma. 

Degan
Degan (kelapa muda) dikenal luas masyarakat sebagai obat penyubur. Terutama degan yang benar-benar berbentuk degan, bukan setengah kelapa. Degan bisa memperbanyak sperma. Sehingga tidak perlu diragukan lagi, laki-laki normal yang belum menikah jika konsumsi dengan plus airnya dalam jumlah agak banyak (1 degan), bisa menyebabkan mimpi basah. Mengenai degan ada beberapa hal yang perlu dicermati. Konsumsi degan tidak boleh terlalu sering, minimal sebulan 2 kali. Jika lebih, resiko laki-laki yang belum menikah bisagus, akan mengalami gangguan kesuburan, lutut, dan pinggang. Adapun untuk yang sudah menikah sangat bagus, tapi jangan terlalu sering. Sebaiknya bagi laki-laki yang tidak ada permasalahan nyeri punggung. Tipe dingin dan badan gemuk usahakan jangan menggunakan terapi degan untuk mendongkrak kesuburan sel sperma. Adapun untuk wanita, sebaiknya jangan banyak minum air kelapa atau air degan. Air kelapa cenderung melancarkan haid dan membuat lutut nyeri (terutama anak gadis yang baru haid dan orang yang menopause, lebih-lebih jika tidak terbiasa).

 Alpukat
Buah alpukat sebagai obat penyubur laki-laki insyaAllah tidak perlu diragukan lagi, terutama bagi laki-laki yang mengalami tubuh kering, kurus dan memiliki kelainan pinggang. Adapun daun, biji, atau kulit alpukat tidak masuk dalam kategori  ini. Adapaun untuk wanita, buah alpukat sangat bagus untuk mendinginkan perut dan menggemukkan badan.



Semangka
Semangka dikenal luas sebagai obat penyubur kandungan. Penggunaannya sanga mudah. Tinggal konsumsi, tidak membutuhkan perlakuan khusus. Dosis yang dianjurkan biasanya ¼ buah semangka sedang, dikonsumsi 2 kali setelah makanan pokok. Wanita yang memiliki gangguan reproduksi dengan riwayat dilepen (nyeri haid sangat pada perut) dan tipe badan tergolong panas, banyak memiliki keputihan dan mempunyai riwayat kencing manis, memiliki magh/tukak lambung, sebaiknya jangan konsumsi ramuan ini dengan tujuan menaikkan kesuburan.


 Mentimun
Tumbuhan ini juga dikenal menyuburkan kandungan, terutama bagi mereka yang memiliki rahim kering dan pinggang sakit. Mentimun lebih aman daripada semangka. Minimal dalam sehari kita makan 4 biji sedang, minimal 1 hari 1 kg. Konsumsi setiap hari. Untuk hasil maksimal sebaiknya dikurangi minum air, kecuali air yang hangat. Selain  itu sebaiknya dipadukan dengan konsumsi makanan sumber darah atau penaik tekanan darah. Adapun untuk laki-laki, mentimun tidak terlalu berpengaruh, malah cenderung menurunkan darah dan takanan darahnya.


Santan.
Santan dikenal dapat memperbaiki sperma. Mengingat sifat santan sangat kuat. Santan boleh dibuat dalam bentuk apa saja. Baik dalam sayur, minuman ataupun yang lainnya. Untuk laki-laki dengan riwayat gangguan reproduksi akibat tidak normalnya asam urat, sebaiknya jumlah santan dibatasi.









Cincau
Cincau sangat bagus untuk kesehatan dan kesuburan kandungan wanita, lebih-lebih jika cincau yang masih baru. Begitu pula cincau yang tidak dicampur dengan air kapur. Pemakaiannya bisa digunakan untuk bubur atau campuran es.

Demikian catatan kecil tentang herbal penunjang kesuburan. Semoga bermanfaat insyaAllah.

Bacaan: Majalah al-Mawaddah vol. 48

No comments:

Post a Comment

Selamat datang

My photo
Sumatera Utara, Indonesia
Bismillah... Semoga bermanfaat...
 
Shalihah© 2012 Design by Rockville Iwamura