topbella

Saturday, March 17, 2012

Bila Jodoh Tak Kunjung Datang


Teruntuk teman para pembaca sekalian yang lagi menanti kedatangn belahan jiwanya. Semoga tulisan sederhana berikut bisa menjadi pengobat hati pelipur lara, serta menumbuhkan semangat tidak berputus asa.

  • Berdoa Kepada Allah
Doa adalah senjata kaum muslimin, karena Allah akan mengabulkan permohonan hamba-NYA yang berdoa hanya kepada-NYA. Maka yang mendambakan suami atau istri idaman hendaklah dia memperbanyak berdoa kepada Allah sebagaimana doanya hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam surat al-Furqan ayat 74.
  • Mencari informasi dari orang yang terpercaya
Termasuk tolong menolong dalam kebaikan, bagi orang yang mengetahui adanya laki-laki shalih atau wanita shalihah untuk mengabari orang yang mau menikah. Begitu pula bagi yang ingin menikah untuk mencari informasi tentang orang yang akan dilamar, agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.
  • Minta tolong kepada orang tua, saudara, atau anggota keluarga lainnya untuk menawarkan dirinya agar dinikahi orang shalih yang baik agamanya.
Dari Umar bin Khaththab, “Ketika Hafshah anak Umar menjadi janda karena kematian suaminya, saya pergi menemui Ustman bin Affan untuk menawarkan Hafshah kepadanya. Ustman menjawab, ‘Saya pertimbangkan terlebih dahulu’. Beberapa hari kemudian Ustman menemuiku, ia berkata, ‘Kelihatannya saya belum punya keinginan menikah sekarang ini’. Umar berkata, ‘Kemudian aku pergi menemui Abu Bakar, kukatakan padanya, jika engkau setuju, aku nikahkan engkau dengan Hafshah’. Abu Bakar diam saja dan tidak memberi jawaban apapun. Beberapa hari kemudian Rasulullah datang melamar Hafshah. Aku pun menikahkan beliau dengannya”. (HR. Al-Bukhari: 5122)
  • Menawarkan dirinya pada orang shalih untuk dinikahi
Seorang wanita boleh menawarkan dirinya pada orang shalih untu dinikahi, dengan syarat aman dari fitnah.
Dari Anas bin Malik, “Ada seorang wanita datang kepada Rasulullah untuk menawarkan dirinya kepada beliau. Dia berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah Anda mau menikahiku?’ Maka berkata putri Juas, ‘Alangkah tidak punya malunya wanita itu!’ Lanta Juas menjawab, ‘Wanita itu lebih baik darimu, dia ingin dinikahi Rasulullah, maka dia menawarkan dirinya’”.
  • Shalat istikharah
Pilihan Allah adalah sebaik-baik pilihan, maka istikharah adalah jalan terbaik untuk mendapatkan pilihan yang tepat. Sebagaimana hadits Jabir, bahwasanya Rasulullah bersabda, “Apabila seseorang diantara kamu berhasrat melakukan satu perkara, hendaknya ia mengerjakan shalat dua rakaat duliar shalat fardhu, kemudian bacalah doa shalat istikharah”. (HR. Al-Bukhari)

Bacaan: Majalah al-Mawaddah Vo. 48

No comments:

Post a Comment

Selamat datang

My photo
Sumatera Utara, Indonesia
Bismillah... Semoga bermanfaat...
 
Shalihah© 2012 Design by Rockville Iwamura